Perijinan Mendaki ke Everest

NEPAL

Ekspedisi di Nepal dikendalikan oleh HMG Kementerian Pariwisata & Ilmu penerbangan Sipil, Divisi Tehnik mendaki gunung, Kathmandu, Nepal. Fax: + 977-1-227758. Ijinkan untuk mendaki (selanjutnya akan disebut sebagai trekking peaks) Diberikan oleh NMA ( Asosiasi Pendaki Gunung Nepal), yang beralamatkan di P.O.Box 1435, Kathmandu. Fax + 977-1-416278 Aplikasi dapat dibuat secara langsung tetapi cara yang paling mudah adalah untuk menggunakan jasa suatu agent trekking yang dikenal oleh pemerintah lokal. Pembayaran biaya pendakian harus dibayar secara langsung kepada kementerian Pariwisata dan Ilmu penerbangan Sipil dan untuk Trekking Peak dibayarkan kepada NMA. Pembayaran ini dapat dibayarkan di dalam dua bulan tanggal ijin. Jika terdapat kegagalan untuk melakukan pembayaran ini pada waktunya, ijin mungkin akan dibatalkan. Sekitar 140 yang 1310 pegunungan diatas 6000m terbuka untuk pendaki gunung.
Biaya pendakian pada tahun 1996 (dalam US$):

Dalam suatu grup 7 orang (maksimal 12)
Mt. Everest (South Col) $70,000 $10,000
Mt. Everest (other routes) $50,000 $10,000
8000m peaks $10,000 $1,500
Peaks 7501-8000 $4,000 $500
Peaks 7001-7500 $3,000 $400
Peaks 6501-7000 $2,000 $300
Peaks 6500 and below $1,500 $200
Fees for changing routes or peaks:
Mt. Everest ( Ke South Col dari rute lain ) $20,000
Mt. Everest ( Ke rute lain dari South Col )$10,000

Puncak lainnya 25% dari biaya.
Kementrian Pariwisata mempunyai hak untuk memberikan rabat kepada:

>>Tim yang akan melakukan pendakian kepuncak yang jarang didaki (ini harus mempunyai manfaat untuk Nepal bagian barat)
>>Tim yang melakukan pendakian diluar dua musim pendakian utama ( Pre dan Post Monsoon )

Liaison Officer ( LO ) adalah wajib untuk semua expedisi ataupun pada beberapa perjalanan trekking. LO harus diperlengkapi seperti halnya pendaki, dibayar dan diasuransikan. Jadi harus seorang staff pendaki. Staff lainnya hanya perlu dibayar dan diasuransikan. Mungkin ada permasalahan dengan LO yang tidak tinggal di Base camp dan mundur hingga desa yang dibawah.
Diatas semua pembiayaan dan pembayaran ini, ada banyak sekali batasan dan surat ijin khusus yang harus dilengkapi. Sebagai contoh untuk memfilemkan atau untuk import walkie-talkie, atau mengirimkan berita expedisi dan lain-lain. Suatu batasan yang terbaru adalah kewajiban untuk membayar US$5000 untuk menggunakan suatu telpon satelit.

Pengurusan impor untuk bagasi melewati custom sangat panjang dan kompleks. Jalan yang terbaik adalah, terutama untuk ekspedisi yang kecil, adalah membawa semuanya seperti halnya perlengkapan trekking. Akan tetapi filem dan video kamera, walkie-talkie dan peralatan radio harus di declare. Peraturan tentang mountaineering dan trekking di Nepal diterbitkan setiap tahunnya didalam sebuah buklet oleh Kementrian Pariwisata dan penerbangan sipil dan dapat diperoleh disana atau pada agent trekking yang memenuhi syarat di Katmandu, yang juga didalam buklet tersebut terdapat daftar dari agent trekking yang telah disetujui oleh pemerintah Nepal. Aturan mengenai visa dan perpanjangan visa lebih kompleks dan harus di cek langsung dengan kedutaan Nepal yang terdekat sebelum melakukan perjalanan.

Suatu deposit untuk lingkungan diperlukan untuk semua ekspedisi ke daerah Khumbu. Dan bisa di claim kembali setelah LO menjamin bahwa semua sampah telah dihandle dengan menurut aturan yang berlaku. Aturan ini dengan jelas mengatur bagaimana menghandle sampah menurut jenisnya. Berikut adalah deposit yang diterakan dalam US$:
Sagarmatha (Mt. Everest).......................................... ..... $ 4,000
Puncak lainnya dibawah ketinggian 8000m................... $ 2,000

Dikarenakan oleh sangat tingginya biaya untuk pendakian Everest, serta banyaknya jumlah permitaan ijin untuk pendakian puncak yang mempunyai ketinggian 8000m, maka sangat dianjurkan untuk mengirimkan aplikasi jauh-jauh hari sebelumnya.

Pemerintah Nepal memerlukan suatu surat persetujuan dari Federasi Mountaineering Nasional negeri asal tiap tim ekspedisi, atau dari kedutaan negeri asal. Haruslah dicatat jika ada beberapa kebangsaan pada suatu ekspedisi, maka surat persetujuan harus dilampirkan dari setiap federasi nasional masing-masing negara, dengan mengabaikan tempat kediaman pendaki.
"TREKKING PEAKS"

Sekarang ada delapan belas puncak yang hanya memerlukan ijin dari NMA. Tidak dibutuhkan LO, sebagai gantinya diperlukan Sindar/guide. Harus dicatat bahwa aturan tujuan Trekking Peaks sedikit membingungkan. Tujuannya mengacu pada jenis surat ijin bukan pada tingkat kesulitan suatu puncak. Beberapa diantaranya malah sulit atau berbahaya bahkan di rute yang mudah sekalipun.
Biaya padatahun 1996 (dalam US$)

Biaya untuk maksimal, dan ektra per orang
10 pendaki:
6000m atau lebih (12 puncak)........................ $300 $7,50
Dibawah 6000m (6 puncak)............................. $ 150 $7,50

Biaya ini adalah untuk satu bulan, Biaya untuk setiap minggu
tambahan adalah 25%

Ijin ini memungkinkan kita untuk trekking ke puncak. Akan tetapi masih ada satu ijin lagi untuk mencapai kaki gunung yaitu ijin dari Kementrian Pariwisata.

Nepal merupakan pilihan yang bagus untuk puncak-puncak. Bagian dari puncak delapan ribuan yang terkenal, terdapat banyak puncak-puncak yang terbuka di jajaran punggungan Mahalungur, Langtang, Rolwaling, Ganesh, Manaslu, Annapurna, Dhaulagiri, Nilgiri dan Kanjiroba. Beberapa puncak sangat padat pengunjung, sebagai contoh Ama Dablam, dan Pumori. Tetapi puncak lain yang menarik dan tidak banyak dikunjungi mungkin akan ditemukan. Bagian barat Nepal sekarang sudah dibuka, tetapi masih sangat sukar karena susahnya akses kedaerah tersebut.
Satu hal lebih lagi dari Nepal adalah tersedianya peralatan mountaineering di Kathmandu, tetapi harganya tidak semurah yang seharusnya.

CHINA

The Mountaineering Associations Of China (C.M.A), Tibet (C.T.M.A) dan Xianjiang (C.X.M.A) adalah organisasi yang bertanggung jawab terhadap kegiatan ekspedisi di area mereka. (Lihat alamat lengakpnya di bagian bawah)
Setiap tahunnya jumlah ekpedisi mountaineering ke China semakin bertambah. Ini disebabkan oleh China secara perlahan mulai membangun infra struktur yang memadai untuk menghandle pengunjung tipe ini, dengan kemudahan dan kemungkinan untuk sukses yang tadinya tidak pernah ada pada beberapa tahun yang lalu. Mountain Tourism sekarang sudah merupakan promosi yang positif.

Di China, terdapat bagian posisi dari beberapa puncak paling tinggi di dunia yaitu Everest (Qomolongma), K2 (Chogori), seperti halnya puncak 8000m lainnya dengan akses yang mudah seperti Cho Oyu, Shisha Pangma. Sisi punggungan lain, dan beberapa diantaranya belum didaki seperti Makalu, Lhotse, Gasherbrum I & II. Dan jumalh yang tak terbatas dari puncak yang belum didaki lainnya yang berketinggian 6000 - 7000m. China sudah memberikan perhatian khusus pada pemeliharaan lingkungan, dan area major basecamp serta area advance basecamp selkalu dibesihkan setaip tahunnya pada akhir musim pendakian. Semenjak pemerintah Nepal menaikan biaya pendakian everest pada jalur south col menjadi $70.000, maka jalur bagian Tibetan sekarang menjadi sangat padat dan ini akan memberikan dampak yang jelas sekali pada lingkungan. Di China, berlawanan dengan negara-negara lain, dimana pengorganisasian suatu ekspedisi adalah tanggung jawab penuh dari Asosiasi Mountaineering dari mulai saat masuk hingga keluar dari China. Semua jasa (transport, hotel-hotel, pembayaran-pembayaran, dan lainnya) harus disetujui sebelum projeknya diterima dan layanan serta pembayarannya dibawah pengaturan otoritas sipil (Pemerintah Tibet, Xinjiang, dll). Biaya-biaya tertentu mungkin akan terlihat tinggi, tetapi satu hal yang harus diperhatikan yaitu mahalnya transportasi (Jeep, bahan bakar, dll). Hampir kebanyakan ekspedisi terlihat puas dengan kondisi ini, akan tetapi masih ada satu hal yang menjadi masalah yaitu hotel. Siapapun yang akan mengoganisasikan sebuah ekspedisi di China harus menjadikan hal-hal berikut sebagai perhatian yaitu:

Pemahaman bahasa Inggris yang baik. Sebagai satu tambahan yang harus diingat, bahwa bahasa asing sangat sukar sekali untuk dimengerti bagi pejabat China, sangat perlu sekali untuk diyakini bahwa kedua belah pihak bisa saling memahami. Hampir semua masalah ditimbulkan oleh kesalah pemahaman atau kekurangan komunikasi yang benar. Pemimpin ekspedisi harus bertanggung jawab terhadap semua persoalan yang muncul, dia harus mendiskusikannya dengan LO China melalui interpreter.
Tiap ekspedisi harus mempunyai suatu protokol yang sudah ditanda tangani dengan lampiran daftar layanan yang telah dibayar. Fasilitas ekstra harus dibahas dahulu dengan LO dan biayanya akan ada sebelum jasa diberikan. Jika ada biaya-biaya ekstra, harus disertakan dengan suatu tanda terima yang menyatakan jumlah yang dibayar dan jasa yang diterima.

Baru-baru ini beberapa ekspedisi pendakian di rute China dilakukan tanpa ijin, setelah secara tidak sah memasuki wilayah China. Polisi Tibet sekarang sudah mulai melakukan pengontrolan, Khususnya untuk wilayah Nampa La, dan beberapa kali telah mengadakan penangkapan.
Royalties untuk tagun 1996 adalah (dalam US$):
Qomolongma (Mt. Everest).......................................... .... $5500
Puncak 8000m lain.............................................. ............. $3300
Puncak 7000 - 7999m............................................. ........ $2160
Puncak 6000 - 6999m .................................................. .. $1350
Dibawah 6000m .................................................. ............. $30 per pendaki

Harga diatas adalah maksimum untuk 20 anggota pendaki. Untuk puncak yang belum didaki dan rute baru harganya sangat mahal bahkan beberapa diantaranya sangat mahal..! Juga ada biaya tambahan untuk penggunaan radio/walkie talkie ($150). JIka dalam suatu tim terdiri dari pendaki yang berasal dari negara yang berbeda, biaya royaltynya jadi naik hingga 10% untuk setiap negara. Jika ingin memasuki Tibet dari Nepal, perlu untuk mendapatkan endorsement visa di kedutaan China di Kathmandu. Ini biasanya dikenakan biaya US$40 - 80. Yang bisa dimengerti adalah biaya untuk penggunaan satelite telepon yaitu US$2000.
Area-area yang merupakan tempat pendakian yang menarik sbb:
Tibet (CTMA) mempunyai lima puncak 8000m, ada banyak secondary peaks nya dan daerah lain masih mungkin untuk didaki untuk jalur baru dan membuat pendakian pionir.
Xinjiang (CXMA) Mempunyai puncak 7000m yang mudah (contoh, Muztaghata 7456m), yang juga merupakan puncak yang bisa didaki dengan ski. Juga ada diseluruh sisi china yang merupakan pegunungan Karakoram, termasuk sisi lainnya dari K2 yang belum dipanjat dan Gasherbrum I dan II.
Pegunungan Karakoram ,menawarkan derajat kesulitan baik untuk rute-rute pendakiannya san juga untuk akses ke area tersebut karena adanya dua sungai yang besar (Shaksgam dan Yarkand) yang tidak memungkinkan untuk diseberangi selama bulan Juli dan Agustus. Area lain dari Xinjiang yang menawarkan kemungkinan adalah Jajaran pegunungan Tien Shan. Diarea tersebut ada puncak dengan ketinggian sekitar 7000m (Pik pobeda, Khan Tengri) Sedangkan jajaran pegunungan Bogda Ola mempunyai puncak kecil dengan ketinggian 4000m hingga 5400m.

Sichuan (CMA) Tercatat sebbagai tempat untuk Minya Gonga (7500m) dan sejumlah puncak-puncak rendah disekitarnya. Ada juga pendakian di jajajran lain termasuk Gonga Shan, dan Siguniang Shan (semuanya sekitar 6000m).

Oigai (CMA) mempunyai puncak-puncak dengan jajajran 6000m hingga 6500m. Secara umum puncak-puncak disini menawarkan kemudahan untuk pendakian akan tetapi lama untuk sekali untuk akses pendekatannya.

Yunnan (CMA). Puncak Yulon 5700m, adalah merupakan gunung yang terkemuka; ada beberapa puncak lagi dengan ketinggian 6000m - 6500m yang terletak diantara perbatasan dengan India, dan untuk akses pendekatannya masih tidak mudah.
Alamat dari pengorganisasi pendakian di China:

CMA No9 Tiyuguan Road, Beijing, China fax: +86-1-67111629
CTMA No.8 East Linkhor Road, Lhasa. Tibet, China Fax: +86-891-36366
CXMA No.1 Renmin Road, Urumgi, Xianjin, China Fax: +86-991-2818365


INDIA

Mountaineering di India berada dibawah kontrol Indian Mountaineering Foundation, yang beralamat di Benito Juarez, Anand Niketan, New Delhi 110 021, India Fax: +91-11-688 3412. Pendaki harus mengajukan dengan baik jauh-jauh hari sebelumnya. Sementara beberapa ekspedisi menerima persetujuan ijin hanya dalam waktu enam minggu, kami menyarankan agar menyiapkannya dalam beberapa bulan karena aplikasi harus diproses melewati dua departemen di dalam pemerintahan India.

Ada formulit aplikasi yang standar, terlepas dari masalah waktu normalnya tidak ada kesulitan untuk mendapatkan ijin, kecuali puncak yang dimintakan ijin berada dekat dengan perbatasan. Bagian dalam dari aturan tua yang harus hilang, akan tetapi kesulitan masih tetap ada. Baru-baru ini ada masalah dengan ijin IMF yang tidak dikenal oleh pemerintah lokal. Biaya pembayaran untuk puncak seperti yang dicatat dibawah adalah dapat dibayar dalam dua bulan dari setelah diterimanya persetujuan sementara diterima.

Biaya (handling charges) dari 6 Oktober 1996 adalah (dalam US$):
Puncak-puncak di Timur Karakoram............................... $4000
Puncak-puncak di area yang terlarang............................ $4000
Puncak-puncak Nun dan Kun .......................................... $ 3000
Puncak dengan ketinggian 7001m dan diatasnya.......... $3000
Puncak dengan ketinggian 6500m dan dibawahnya....... $1125

Didalam semua kasus diluar dari Karakoram bagian Timur, biaya tersebut adalah untuk setiap partai yang beranggotakan 12 pendaki. Biaya tambahan US$300 di kenakan untuk setiap orang sampai pada batas maksimum 16 orang. Untuk Karakoram bagian timur, biayanya adalah untuk rombongan yang anggotanya tidak lebih dari 8 anggota asing. Dalam suatu join ekspedisi, diluar dari batas maksimum 16, maka 8 nya adalah orang India. Hanya join ekspedisi (atau ada orang Indianya diijinkan untuk mendaki puncak didaerah ini.
Ada biaya baru untuk lingkungan sejumlah US$300 per ekspedisi dan biaya ini tidak bisa direfund. Setiap ekspedisi sekarang juga harus menyediakan dana yang disebut dengan "Refundable environmental security deposit" sejumlah US$1000, dana ini akan bisa direfund kembali setelah menerima sertifikat "All Clear Certificate" dari Liaison Officer.

Setiap ekspedisi diharuskan untuk mempunyai Liaison Officer (hampir semua LO adalah anggota militer), yang harus disuply dengan pakaian dan peralatan yang standarnya sama dengan anggota climbing tim lainnya. LO akan tetap menyimpan pakaiannya tetapi peralatan bisa diambil kembali. Tidak ada biaya untuk LO, tapi makanannya, akomodasi, dan transportasi harus dibayarkan. Dia juga mungkin akan membutuhkan tukang masak di basecamp.

Pengurusan bagasi saat melewati bea cukai sangat lama, membosankan dan mungkin suatu operasi yang mahal. JIka bisa bawalah semua dengan anda, dengan cara itu formalitas bisa sedikit diperpendek. Suatu lisensi harus diperoleh untuk walkie talkie (itu akan dikirimkan oleh IMF bersamaan dengan Peak aplication). Haruslah dicata bahwa untuk pendaki gunung diperlukan jenis visa "X", yang hanya akan dikeluarkan pada saat ijin dikeluarkan. Aturan ini telah lama sekali ada, tetapi hnaya sekarang lebih diperketat. Tidak semua kedutaan India tahu akan jenis visa "X" ini.

NOTE: Tidak seperti halnya di Nepal, peralatan pendakian sangat sulit sekali didapat di India.
Jika permintaan lebih dari satu puncak, maka puncak kedua royaltinya adalah 50%. Catat, bahwa tidak ada batas tinggi rendah suatu puncak untuk bebas dari surat ijin. Saat ini ada empat "Trekking Peak" : Stock Kangri di Ladakh, Ladakhi dan Friendship Peak di Himachal Pradesh, dan Hanuman di Uttar Pradesh, yang lebih murah dan tidak membutuhkan LO. Ada kemungkinan untuk puncak selanjutnya akan dinyatakan sebagai trekking peaks.
IMF akhir-akhir ini mengeluarkan peryataan lengkap tentang persyaratan yang perlu ditambahkan pada perijinan. Diantara lain point-point itu menekankan bahawa semua perubahan didalam personil suatu ekspedisi (kecuali hanya penghapusan suatu nama) harus dilaporkan kepada pemerintah India dengan kosekwensinya terjadinya keterlambatan sekurang-kurangnya enam minggu. Juga di sarankan untuk memakai jasa trekking agen yang sudah diakui dan buat daftarnya.

Area pendakian yang sangat populer adalah: Sikkim, Kumaon, Garhwal, Kulu Lahul, Zanskar, dan Ladakh. Sikkim membutuhkan tambahan biaya yang berat sebagai local peak fee (*) dan second liaison officer dan UIAA akhir-akhir ini menganjurkan pendaki untuk tidak mengunjungi area ini. Lahul, Zanskar dan Ladakh sedikit terpengaruh oleh musim monsoon dan bisa didaki bahkan pada bulan July - Agustus. Saat ini pendekatan melewati Kashmir tidak diijinkan karena adanya gangguan internal. Seluruh area di daerah ini mempunyai banyak puncak dengan ketinggian 5000m - 7000m melingkar dengan kemungkinan untuk keduanya baik standar maupun rute baru. Walaupun ijin untuk mendaki di wilayah timur Karakoram munkin akan ditambahkan dengan bergabungnya orang India,eEkspediai Asing, munkin akan ada keterlambatan karena adanya perdebatan perbatasan antara India dan Pakistan. Ditahun 1996 suatu ekspedisi dengan anggota keseluruhan orang India yang meskipun telah mengantongi ijin dari IMF, telah dikembalikan oleh pemimpin militer lokal. Walaupun ada banyak sekali gunung yang sangat menantang didaerah ini dan kemungkinan membuat jalur baru.

Beberapa puncak di Arunachal Pradesh (bagian timur himalaya) baru-baru ini telah dibuka, akan tetapi sepertinya ada sedikit kesulitan birokrasi, dimana banyak sekali waktu yang dibutuhkan.
(*) Biaya tambahan untuk puncak Sikkim sebagai berikut :
Dibawah 6500m ................... US$1000 ($2000 jika belum didaki)
6501m - 7000m .................. US$1500 ($3000 jika belum didaki)
7001m - 7500m .................. US$2000 ($4000 jika belum didaki)
7501m - 8000m .................. US$3000 ($6000 jika belum didaki)
8000m + ............................... US$8000 ($16000 jika belum didaki)
Puncak utama dari Kangchenjunga adalah US$20.000

PAKISTAN
Mountaineering di Pakistan berada dibawah pengawasan divisi pariwisata pemerintah Pakistan, di Islamabad Pakistan Fax: +51-817323. Buklet regulasi mountaineering mungkin bisa diperoleh dari kementrian atau dari kedutaan Pakistan dinegara asal. Kedutaan biasanya memerlukan amplop beralamat yang sudah distamp atau international reply coupoun. Dianjurkan untuk mengajukan aplikasi dalam waktu yang cukup banyak. Aplikasi untuk puncak selain K2 akan diterima oleh kedutaan hingga tanggal 31 Desember thun sebelumnya. Sangat perlu untuk mengkonfirmasikan dengan aturan untuk pemilihan waktu pembayaran untuk biaya puncak (Peak fee).

Biaya untuk 1996 dalam US $
Biaya ekstra
grup beranggotakan 5 per orangnya.
K2 8611m ................................................. $9000 $1000
8001m - 8500m ....................................... $7500 $700
7501m - 8000m ....................................... $3000 $300
7001m - 7500m ....................................... $2000 $200
6000m - 7000m ....................................... $1200 $150

Tidak ada aturan untuk maksimum jumlah grup.
Semua puncak dibawah 6000m gratis untuk di akses kecuali jika dekat dengan perbatasan saat ijin trekking dan LO dibutuhkan. Daerah yang terlarang selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu dan membuat para pendaki harus selalu menceknya dengan divisi pariwisata. Ada banyak kemungkinan untuk pendakian standar pada puncak dibawah 6000m dan untuk ekspedisi yang kecil.
Baru-baru ini ijin untuk ekspedisi ke Chogolisa dan bagian atas dari Baltoro Glacier telah ditolak dengan alasan-alasan keamanan- ini adalah area permusuhan antara India dan Pakistan. Baru-baru ini juga di lembah Hushe, kecuali desanya dan didekat Lembah Ailing, telah menjadi suatu area yang terlarang. Ini disebabkan oleh sesuatu yang telah diduga yaitu sejumlah ekspedisi besar yang tanpa pengawasan didaerah ini telah menyebabkan kerusakan lingkungan.
Perhatian harus dipusatkan pada daftar anggota dari grup untuk menghindari perubahan pada saat akhir ini dapat menyebabkan permasalahan. Tanggal kedatangan harus juga jelas dan perubahan harus sedapat mungkin dihindari.

Masing-masing ekspedisi diharuskan untuk mempunyai seorang LO dan hampir semua LO itu adalah anggota militer. Catatan tertentu harus dibuatkan dari peraturan mengenai peralatan LO. perhitungan dan syarat-syarat pembayaran, dan yang terpenting aturan tentang hubungan antara LO dan pemimpin ekspedisi. Seluruh anggota harus selalu mengingat (jika bisa jangan melupakannya) bahwa daerah Baltoro dan daerah lainnya di timur laut dari Skardu adalah daerah yang dekat dengan wilyah perang, bertindaklah dengan hati-hati secara pribadi. Para personal milter dibenarkan untuk sensitif didaerah ini.

Aturan lingkungan haruslah secara hati-hati dipelajari, bersiaplah untuk membayar $200 untuk restribusi lingkungan. Semua usaha untuk peningkatan dari pada penurunan tingkat dari lingkungan dan untuk mendorong seseorang , porter dan orang lain untuk melakukan hal yang sama haruslah dilakukan, selagi menahan kepekaan untuk pengertian terhadap perbedaan lokal pada prioritas. Deposit $1000 mungkin akan diperlukan jika meninggalkan sampah.

Porter dan LO dapat diasuransikan oleh pemerintah pada sebuah asuransi yang sudah diakui di Pakistan. Peraturan tentang penyewaan porter, dan kebiasaan tentang proposi porter dari setiap desa, bisa sangat kompleks sekali. Ekpedisi yang mempunyai beberapa keraguan mengenai kemampuan mereka untuk berhadapan dengan ini (bahasa?) sangat disarankan untuk mempekerjakan satu dari agency yang sudah disetujui oleh pemerintah yang biasanya mempunyai orang lokal yang bisa menyelesaikan kesulitan dan menyediakan transport. LO biasanya bisa membantu, tapi mungkin tidak mengetahui penduduk lokal, bahasa dan kebiasaan yang cukup memuaskan untuk mengatur tanpa nasihat.

Terlepas dari puncak dari semua ukuran dan kesulitan disekitar Baltoro glacier, Pakistan menawarkan banyak kesempatan untuk pendakian. Batura Glacier mempunyai puncak yang sangat bagus, kebanyakan secara teknis sulit. Hushe dan lembah lainnya disisi selatan dari Karakoram menawarkan kesempatan yang sempurna pada puncak diatas dan dibawah 6000m, seperti halnya daerah Shimshal, Daerah Biafo-hispar glacier diantara Baltistan dan Hunza mempunyai banyak kemungkinan yang menarik

Posting Komentar

About This Blog

Blog ini mengarsipkan berita,cerita,dan fakta tentang Himalaya.Semoga blog ini bermanfaat bagi para pendaki tanah air

Blog Archive

  © Blogger template Snowy Winter by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP