Himalaya

Pegunungan Himalaya
Pegunungan Himalaya adalah area pegunungan tertinggi dan tersulit di dunia. Dibandingkan empat belas puncak tertinggi di dunia, tidak ada yang lebih terkenal dibandingkan Gunung Everest, bahkan disetarakan dengan perjuangan luar biasa manusia melawan alam. Peta dari pegunungan Himalaya menunjukkan bahwa gunung-gunungnya terbentang melintasi enam negara yang terpisah-pisah, namun banyak puncak utama berada di perbatasan Tibet ke barat, dimana di sana akan bertemu dengan Nepal. Di sini Anda akan menemukan dua gunung yang paling terkenal, gunung Himalaya dan K2, yang terakhir dipandang jauh lebih sulit didaki. Meskipun peta pegununan Himalaya menunjukkan beberapa puncak ada di tanah China, puncak berawan di Xinjang sebenarnya hanya beberapa ribu lebih pendek dari gunung Everest.
Bagi mereka yang mampu mendaki pendakian-pendakian pendek, ada ribuan danau tenang yang dapat ditemukan di pegunungan Himalaya, yang terbesar adalah Pangong, dan terletak di perbatasan Nepal-China. Bagaimanapun hanya sedikit jalur pendakian menuju Himalaya yang diijinkan untuk didaki. Jalur yang paling mudah (tentunya ini relatif sekali) adalah cabang-cabang dari Jalur Sutera, jalan setapak Jelep Ja dan Nathu La.
Pegunungan Himalaya
Meski kebanyakan para wisatawan yang mengunjungi China tidak terlalu tertarik mendaki hingga ke puncak gunung-gunung raksasa ini, perjalanan kadang-kadang hingga mendaki gunung-gunung ini, Tetapi trekking ke Himalaya memang kebanyakan tidak disarankan. Bahkan puncak yang terkecilpun seringkali terlalu sulit bagi pendaki berpengalaman sekalipun, dan perjalanan apapun sudah harus dipersiapkan sematang mungkin jauh-jauh hari sebelumnya, belum menyebutkan segala bentuk peralatan yang sudah harus tersedia di kaki gunung China. Kebanyakan base camp berlokasi di perbatasan Tibet, salah satu yang menjadi pusatnya bernama Everest Base Camp. Terletak di jalan antara Lhasa dan Kodari, camp ini, bersama guest house yang berdekatan, dibangun bagi mereka yang ingin memperoleh pemandangan terdekat atas pegunungan yang menjulang tinggi. Sayangnya, bagi kebanyakan orang pegunungan Himalaya memang hanya untuk dijadikan obyek pemandangan saja. Tenggelam dalam salju di puncaknya, pegunungan ini memang tidak ada bandingannya dengan pegunungan manapun di dunia, bagi para pecinta alam sejati akan terus mencoba mencari jalan menuju kaki gunung-gunung ini, merasakan kesegaran dan kemegahan pemandangan alam yang sungguh menakjubkan.
Pegunungan Himalaya 
 
sumber disini

Posting Komentar

About This Blog

Blog ini mengarsipkan berita,cerita,dan fakta tentang Himalaya.Semoga blog ini bermanfaat bagi para pendaki tanah air

Blog Archive

  © Blogger template Snowy Winter by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP